Sabtu, 16 November 2019

Membanggakan, Santri Pester Al Fauzan Lumajang Jadi Delegasi Indonesia di AWMUN III (Konferensi Pemuda Dunia)

Delegasi Santri Pester Al Fauzan di AWMUN III
Prestasi membanggakan dicapai oleh santri Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang, Ahmad Ishamul Ayady Akmal dan Helind Ursula. Dua santri tersebut menjadi delegasi Indonesia yang berasal dari lembaga MA Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang di ajang konferensi pemuda dunia Asia World Model United Nations III (AWMUN III) di Denpasar Bali yang diikuti oleh pelajar tingkat SMA/sederajat dan mahasiswa se-dunia.
daftar delegasi dari MA Pesantren Terpadu Al-Fauzan
Dilansir dari laman id.wikipedia.org, AWMUN adalah pendidikan simulasi dan atau kegiatan akademik dimana siswa dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional dan PBB. Kegiatan yang digelar 13-16 November tersebut, diikuti oleh 1.221 pemuda yang telah lolos proses pendaftaran dari seluruh dunia dari 37.137 pelamar/pendaftar. Sebelum dipastikan jadi delegasi tetap, pendaftar masih melalui proses seleksi dengan menuliskan essay berbahasa Inggris dan membayar kompensasi sebesar 400 Dollar US jika sudah lolos pada seleksi menulis essay.
"Alhamdulillah, kami berdua lolos seleksi awal yakni menulis essay tentang pendidikan, karena kami milih Council tentang UNESCO yang membawahi bidang pendidikan di PBB dan kompensasi bisa saya bayarkan melalui donatur dari kawan-kawan saya yang di Amerika Serikat dan saya pribadi tidak mengeluarkan uang sepeserpun". Ungkap Isham.
Santri Pester Al Fauzan pada AWMUN III
Pada forum kancah internasional tersebut, mereka mempresentasikan tentang pendidikan pada negara peserta yang ia wakili yang ditentukan saat ditetapkan sebagai peserta yang telah memenuhi persyaratan.
"Saya (Red : Helind) menjadi duta dari negara Turkmenistan, sedangkan Isham menjadi duta dari negara Turkey. Total ada 78 negara dari seluruh dunia yang ikut serta pada AWMUN III ini, dan penentuan menjadi duta dari negara mana, ditentukan setelah memenuhi persyaratan sebagai peserta delegasi tetap". Tambah Helind Ursula.
Diskusi di forum AWMUN III
Helind dan Isham, keduanya sama-sama menghabiskan pendidikan MTs dan MA-nya di Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang Jawa Timur selama 6 tahun.
Santri Pester Al Fauzan pada AWMUN III
Sebelumnya, adik kelas mereka Salsabila Dia'atus Syafa'ah berangkat Go Internastional terlebih dahulu pada program pertukaran Pelajar satu tahun ke Amerika Serikat (Baca beritanya disini)

Ucapan syukur atas keberhasilan para santri dari para dewan guru hingga pengasuh.
"Alhamdulillah, tahun 2019 ini 3 santri kami (Red : Pester Al Fauzan) bisa Go Internasional, satu santri mengikuti pertukaran pelajar selama satu tahun ke Amerika, dua santri lainnya mengikuti konferensi pemuda se-dunia di Bali, dan satu santri menorehkan prestasi tingkat nasional yaitu mewakili Dapil IV Lumajang Jember pada ajang Parlemen Remaja 2019 di Bogor dan Senayan Jakarta, semoga bisa diikuti oleh santri-santri lainnya, Aamiin".