Sabtu, 28 September 2019

Meningkatkan Kemampuan Menulis Santri, Pester Al Fauzan Gelar Workshop Kepenulisan Cerpen

Pemateri bersama Kepala MTs MA Pester Al Fauzan dan
Siswa penulis cerpen terbaik
Pester Al Fauzan. Kegiatan membaca dan menulis bukan hal yang baru dilaksanakan secara rutin di Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang. Pasalnya setiap hari sebelum pelajaran dimulai, para santri dan guru diwajibkan mengikuti kegiatan budaya baca selama 15 menit dan menulis resensi/sinopsis setiap hari Kamis.
"Di Pester Al Fauzan, setiap harinya para santri sudah dibiasakan untuk membaca dan menulis, setiap pagi sebelum pelajaran sekolah dimulai para santri dan guru diwajibkan mengikuti kegiatan budaya baca di kelas dan menulis resensi/sinopsis setiap hari Kamis. Di Pesantrennya juga begitu, ada kegiatan baca (setoran kitab kuning), baca Al-Quran dan membaca referensi lainnya". Tutur Dr. Ny. Hj. Nur Ifadah, MA selaku Direktur Madrasah saat membuka acara Workshop.
Kegiatan Workshop Kepenulisan Cerpen di Pester Al Fauzan
Kali ini, untuk meningkatkan kemampuan menulis para santri, MTs dan MA Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang mengadakan kegiatan Workshop Kepenulisan Cerpen yang mendatangkan narasumber dari penulis lingkar pena Jawa Timur Afif Amir dan Novi Istina pada 28 September 2019.
Pada kegiatan tersebut, narasumber tidak hanya memberikan materi tentang bagaimana cara menulis cerpen yang baik, melainkan ada sesi menulis oleh para peserta baik guru maupun santri dan 6 penulis terbaik masing-masing 3 dari MTs dan MA akan mendapatkan hadiah dari pemateri.
Para Narasumber semakin bersemangat dalam mengisi kegiatan yang dilaksanakan di masjid Pesantren tersebut. Pasalnya para santri begitu antusias dan semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.
"Sangat senang bisa berbagi dengan santri-santri Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang. Saya melihat aura-aura penulis masa depan. Banyak yang memiliki minat dan bakat di dunia literasi. Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia literasi, semoga terus maju." Tulis pemateri Rafif Amir dalam buku kesan
Pada saat yang sama, pemateri Novi Istina juga menuliskan kesannya selepas acara workshop.
"Luar biasa! Kueren Puoll Wes Pokok'e. Membersamai santri dan santriwati Ponpes Al Fauzan Lumajang yang penuh semangat untuk menjadi tunas-tunas penulis Hebat".
Siswa Menulis Cerpen
Sebelumnya, berkat keseriusan para StakeHolders Pesantren Terpadu Al Fauzan, MTs dan MA Pesantren Terpadu Al Fauzan dinobatkan sebagai Madrasah Literat tingkat Kabupaten Lumajang. (Baca beritanya disini)




Guru menulis cerpen