Rabu, 14 Agustus 2019

Madrasah Hebat Bermartabat: Siswi MA Pester Al Fauzan Lumajang Lolos sebagai Peserta Parlemen Remaja 2019

Parlemen Remaja 2019 - Eka Hunaini Wahyu Lestari
Pester Al Fauzan, Alhamdulillah untuk yang pertama kalinya, siswi MA Pesantren Terpadu Al-Fauzan Lumajang Jawa Timur Eka Hunaini Wahyu Lestari mengikuti seleksi dan lolos sebagai peserta Parlemen Remaja 2019 yang mewakili Dapil (Daerah Pemilihan) IV Jawa Timur (Lumajang - Jember). Pada Parlemen Remaja kali ini, diikuti oleh 11.825 calon peserta (pendaftar) pelajar dari seluruh dapil di Indonesia dan hanya 128 peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan di Wisma DPR RI Bogor dan Senayan pada 2-6 September 2019 mendatang. Parlemen Remaja merupakan salah satu kegiatan pendidikan demokrasi dan simulasi menjadi anggota parlemen yang diadakan sejak tahun 2008 silam. Berdasarkan grafik pendaftar yang dilansir dari laman resmi DPR RI, jumlah pendaftar tahun ini terbanyak dari tahun sebelumnya sejak pertama kali kegiatan parlemen remaja diadakan. 
Sebelum dinyatakan lolos seleksi oleh panitia, setiap peserta diwajibkan mengunggah esai tentang "komitmen parlemen dalam menjaga lingkungan hidup" dengan bobot penilaian 60% dan video kampanye dengan tema "andai saya menjadi legislator : apa yang akan saya lakukan dalam menjaga lingkungan hidup" serta mengisi CV (Curriculum Vitae) dengan bobot penilaian sama dengan video kampanye yakni 20%.
Parlemen Remaja 2019
Tak hanya Eka Hunaini yang akan berangkat mewakili lembaga pada forum Nasional tersebut, sebelumnya sudah ada tiga temannya yang akan berangkat ke forum Internasional mewakili MA Pesantren Terpadu Al Fauzan, yakni Salsabila Dia'atus Syafa'ah (pertukaran pelajar ke Amerika Serikat) pada Agustus 2019 - Juni 2020, Ahmad Ishamul Ayady Akmal dan Helind Ursula (konferensi pelajar/ AWMUN III di Bali) pada November 2019 mendatang. (Baca beritanya disini)

Selamat jalan para santri, semoga bisa mengharumkan nama lembaga, bangsa dan negara.