Selasa, 10 April 2018

Pesantren Bahasa : Sepuluh Santri Akan Mengikuti Tes Pertukaran Pelajar (YES Program) ke Amerika Serikat

Foto bersama di Konsulat Amerika Serikat di Surabaya
YES Scholarship (saat ini lebih dikenal dengan sebutan Kennedy-Lugar Youth and Exchange Scholarship) adalah program full-scholarship dari US Department of State (Pemerintah Amerika Serikat) yang ditujukan kepada siswa-siswa dari Negara bermayoritas penduduk Muslim dengan tujuan menjembatani perbedaan pandangan di kalangan penduduk Amerika dan penduduk Muslim setelah terjadinya peristiwa 11 September di Amerika Serikat. Di Indonesia, beasiswa ini juga diatur oleh Bina Antarbudaya. Karena mendapat full scholarship dari pemerintah Amerika, tentu saja Negara tujuan beasiswa ini hanyalah Amerika Serikat. 
Aktivitas di Konsulat Amerika Serikat
Di Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang, ada sepuluh santri yang akan mengikuti program tersebut yang ikuti oleh santri kelas X, sebagaimana ketentuan yang berlaku pada program tersebut. Program ini dipelopori oleh native speaker dari Amerika Serikat, Mrs. Emily Milcent yang mengajar di MTs dan MA Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang. (Baca selengkapnya disini).
Untuk mengawali program tersebut, pada tanggal 03 November 2017, MA Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang sudah berkunjung ke kantor konsulat Amerika Serikat di Surabaya yang diwakili 10 siswa dan didampingi oleh guru bahasa Inggris, Waka humas dan Kepala Madrasah untuk menjalin silaturrahim. 
Salsabila Dia'atus Syafa'ah, satu dari sepuluh peserta seleksi
Berikut daftar nama santri yang akan mengikuti tes program tersebut di Surabaya : 
  1. Eka Hunaini Wahyu Lestari (Lumajang)
  2. Ferawati Zuraida Nafisatul Maghfirah (Lumajang)
  3. Ikhwan Aviv Iscahyadi (Lumajang)
  4. Muhammad Habibi (Lumajang)
  5. Ahmad Hilman Hidayat (Probolinggo)
  6. Ahmad Multazam Abdan (Probolinggo)
  7.  Nabilah 'Ainun Nafi' (Jember)
  8. Salsabila Dia'atus Syafa'ah (Jember)
  9. Syahdila Syahdarama (Jember)
  10. Ulifatus Safa'atus Sa'adah (Jember)
Semoga Sukses. Amiin