Minggu, 18 Maret 2018

Madrasah Unggul : Kagumnya Kepala Kemenag Lumajang saat Monitoring USBN-BK di MA Pester Al Fauzan

Sudah jadi langganan pada setiap tahunnya ketika Ujian Nasional/ Ujian Akhir Sekolah, MA Pesantren Terpadu Al Fauzan dikunjungi oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lumajang untuk memonitoring pelaksanaan ujian. Hari ini, tanggal 19 Maret 2018 tepatnya hari pertama kelas XII melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) hingga 24 Maret mendatang. Pada Ujian kali ini, MA Pesantren Terpadu Al Fauzan di kunjungi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang (H. Muhammad, S.Sos, M.Pd) dan Kasi Pendidikan Madrasah (H. M. Khoiri, M.Pd.I) serta didampingi oleh staf pendma (Arif Mustofa, S.Pd, S.Kom). 
Sebelum memasuki ruang ujian di laboratorium komputer, Bapak Kepala Kemenag dikagumkan dengan performa (penampilan) peserta ujian yang memakai pakaian rapi setelan jas sebagai pakaian identitas lembaga MA Pesantren Terpadu Al Fauzan. Selain itu, kedatangan beliau yang mendadak disambut dengan antusias oleh para peserta ujian seraya mencium tangan beliau.
Dalam kunjungan kali ini, Kepala Kemenag menyampaikan semakin optimis bahwa madrasah akan lebih baik dan tidak dipandang sebelah mata, setelah melihat performa para siswa dengan seragam yang rapi dan didukung dengan program madrasah unggulan. Pada saat yang sama, Kasi Pendma juga menyampaikan bahwa madrasah semakin berani dan bisa diajak lari dengan kebijakan yang sudah ditargetkan oleh Kemenag setempat tentunya tidak lepas dari kebijakan pengelola lembaga pendidikannya, pasalnya Madrasah (MI, MTs, MA) di kabupaten Lumajang menjadi satu-satunya di Jawa Timur yang semua ujian akhirnya (USBN, UAMBN, UN) berbasis komputer dan tidak lagi menggunakan ujian KP (Kertas Pensil). Kepala Madrasah juga menyampaikan bahwa peserta didik MA Pesantren Terpadu Al Fauzan dari dulu sudah berani dan biasa bersaing dengan sekolah-sekolah negeri favorit baik yang ada di Kabupaten Lumajang maupun lainnya, "Kamis kemarin, satu peserta didik kami, mendapatkan prestasi juara 2 sebagai Duta Genre (Generasi Berencana) yang diselenggarakan oleh BKKBN Kabupaten Lumajang yang mana pesertanya diikuti oleh sekolah-sekolah negeri dan alhamdulillah kita bisa juara 2", ungkap Kepala Madrasah, Dr. Ny. Nur Ifadah, SH.,MA.
Pasca meninjau pelaksanaan ujian di laboratorium komputer, beliau keluar ruangan dan menikmati pemandangan alami sambil berbincang-bincang santai tentang perencanaan madrasah kedepannya. Bapak kepala kemenag juga senang dengan lokasi lembaga ini yang asri, tidak bising, lokasinya begitu strategis dengan dikelilingi sawah dan sungai yang bersih.