Kamis, 04 Februari 2016

KUNJUNGAN PEACE CORP INDONESIA

Foto bersama Mr. Rizal & Mr. Josh Heilcamp dg stake holders
MTs & MA Pester Al Fauzan
Suasana pertemuan
Peace Corp adalah adalah lembaga independen Pemerintah Amerika Serikat yang menyediakan relawan untuk negara-negara pengundang di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. Kehadiran Peace corp di Indonesia adalah atas permintaan pemerintah Republik Indonesia dan sebagai bagian dari kemitraan komprehensif di bidang pendidikan antara pemerintah Indonesia dan Amerika. Peace Corp memiliki Nota kesepahaman dengan BAPPENAS dan pengaturan pelaksanaan dengan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Apa yang dilakukan Peace Corp di Indonesia? Adalah mengelola program penempatan relawan pengajar bahasa Inggris dari Amerika Serikat di Sekolah/ Madrasah yang diusulkan Pemerintah Indonesia dan telah lolos seleksi. MTs dan MA Pesantren Terpadu Al Fauzan salah satu madrasah yang akan bermitra dan mendapatkan guru bahasa Inggris dari negara Super power tersebut.
Pembelajaran di Kelas MTs
Suasana Pembelajaran di Kelas MA
Berkaitan dengan kerja sama tersebut, MTs dan MA Pesantren Terpadu mendapatkan kunjungan kedua oleh Mr. Rizal selaku Regional Manager at Peace Corp Indonesia dan Mr. Josh Heilcamp salah relawan guru Bahasa Inggris dari Amerika yang sudah mengajar di Indonesia pada tanggal 4 februari 2016. Agenda pada kunjungan tersebut adalah melakukan wawancara dengan kepala Madrasah, guru bahasa Inggris dan calon orang tua angkat yang akan di tempati relawan selama 2 tahun disini. Setelah melaksanakan rangkain proses acara pertemuan dengan stake holders MTs dan MA Pester Al Fauzan, Mr. Josh Heilcamp mengunjungi dan mengajar bahasa Inggris di kelas IX dan XII. Para siswa begitu antusias dalam pembelajaran tersebut karena diajar langsung oleh guru bahasa Inggris dari Amerika. Mereka sangat aktif berkomunikasi bahasa Inggris dalam proses KBM dan sebagian dari mereka melakukan wawancara kepada Mrs. Josh dengan berbahasa Inggris.
Setelah berkunjung ke kelas-kelas dan melakukan foto bersama, rombongan Peace Corp melalakukan kunjungan dan survey langsung ke calon orang tua angkat untuk mengecek langsung calon tempat relawan tinggal selama 2 tahun. Pada penghujung acara, Mr. Rizal dan Mr. Josh menuliskan kesannya setelah berkunjung di MTs dan MA Pester Al Fauzan. “ I was very happy to spend the day with the teacher.staff, and the student of Al Fauzan. I recieved a very warm welcome and was amazed at the beauty and friendliness of the school. The staff and teachers are very dedicated to education, and I was personally very impressed with the students. Their Endlish was very good and they were all in very good spirits. A volunter will be very very lucky to be placed at Al-Fauzan  (terjemah :Saya sangat senang menghabiskan waktu seharian penuh bersama guru, staf dan murid Al Fauzan. Saya mendapatkan sambutan yang sangat hangat dan saya juga kagum dengan keindahan dan keramahan yang ada di sekolah. Staf dan guru disini memiliki dedikasi terhadap pendidikan. Dan secara pribadi saya sangat terkesan dengan murid-muridnya. Bahasa Inggris mereka sangat bagus dan mereka memiliki semangat yang bagus. Relawan akan sangat sangat beruntung untuk ditempatkan disini, di Al Fauzan.)” kesan dari Mr. Josh Heilcamp. Sedangkan kesan dari Mr. Rizal Thank you so much for a friendly and warm welcome. It’s always nice to meet all the wonderful people here at Al Fauzan. The pesantren is very progressive dan keep up the good work! (terjemah: Terima kasih banyak untuk sambutan yang hangat dan ramah. Selalu terasa menyenangkan bisa bertemu semua orang yang luar biasa disini di Al Fauzan. Pesantrennya berkembang pesat. Jaga terus kinerja yang bagus.)
Kunjungan ke calon orang tua angkat

Semoga berkah..