Rabu, 11 November 2015

Studi Visit Kohort 2 USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan dI MTs PESTER AL FAUZAN


Foto bersama peserta, kamad, kasi pendma dan pengurus komite 
       USAID Prioritas adalah program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Amerika dalam bidang pendidikan yang mengutamakan Pembaharuan, Inovasi dan kesempatan bagi guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa atau Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students yang diakronimkan dengan istilah “PRIORITAS”.  semenjak bermitra dengan USAID Prioritas pada bulan November 2014, MTs Pester Al Fauzan selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan USAID, mulai dari pelatihan, pendampingan fasda, Show Case karya siswa, studi visit, dsb. Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dengan bermitra dengan USAID Prioritas, diantaranya adalah dari segi pembelajarannya yang lebih menyenangkan dan tentunya mampu menjadikan guru lebih kompeten dalam menjalankan amanahnya. Yang lebih membanggakan lagi adalah MTs Pester Al  Fauzan (baca selengkapnya :MTs Pester Al Fauzan, klik disini) adalah satu-satunya madrasah yang terpilih sebagai sekolah GPS (Good Practive School).
Nyai Nur Ifadah SH., MA (Kamad), KH Imron Zamzami, SH 
(Komite MTs & Pengasuh Ponpes), 
Amir Mallarangen (Koordinator kunjungan)
      Pada tanggal 11 November 2015, MTs Pesantren Terpadu (Pester) Al Fauzan kedatangan tamu studi visit dari Sulawesi Selatan (Takalar, Parepare, Bone, Tana Toraja) sebanyak 14 orang yang terdiri dari unsur Pengawas Pendidikan dari Dinas Pendidikan dan kemenag setempat, kepala sekolah, komite sekolah dan guru yang dikoordinatori oleh Bapak Amir Mallarangan. dalam acara yang sama, MTs Pester Al Fauzan sudah pernah dikunjungi oleh Kohort 3 USAID PRIORITAS Banyuwangi pada tanggal 24 Februari 2015. Pada studi visit tersebut, rombongan dari Sulses didampingi oleh fasilitator daerah (fasda) USAID Prioritas Lumajang yakni Dra. Hj. Nur Habibah, M.Ag.
     Dalam studi visit yang kurang lebih berlangsung selama 3 jam, rombongan dari Sulawesi Selatan disambut meriah oleh tari Zapin dan tari Saman serta dilanjutkan dengan pengalungan surban sebagai simbolisasi ucapan selamat datang kepada salah satu rombongan yakni Ibu Wahidah, S.Ag, MA selaku kepala Madrasah MTs Al-Faizun Bone yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Nyai Nur Ifadah, SH., MA selaku kepala Madrasah.
suasana ketika peserta mengunjungi salah satu kelas
suasana wawancara peserta kepada kamad 
MTs Pester Al Fauzan
          Tibalah pada acara inti, para rombongan mulai berkunjung ke madrasah untuk melihat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), wawancara dengan Kepala Madrasah, berkunjungan ke Museum Pendidikan dan Komputer, berkunjung ke laboratorium, perpustakaan, kantor dan berbagai tempat-tempat penunjang pendidikan seperti Pengembangan Bahasa Asing (PBA), taman baca dan taman toga. Pada kunjungan tersebut, para rombongan begitu tampak terpuaskan dengan apa yang ada di MTs Pester Al Fauzan, mulai dari proses pembelajarannya, penataan ruangan-ruangannya, adanya museum pendidikan dan ditunjang lagi dengan kondisi lingkungan yang alami dengan kicauan burungnya, sejuknya udara, hijaunya sawah yang mengelilingi dan jernihnya aliran sungainya.  
Suasana peserta ketika mengunjungi museum pendidikan dan komputer
        Sebelum acara penutupan, para rombongan menikmati acara ramah tamah di kantin dan bazar oleh-oleh khas Lumajang yang disajikan oleh para pengurus Komite MTs Pester Al Fauzan. Pada acara penutupan, para rombongan menuliskan refleksi dan beberapa peserta dari Kepala Sekolah, Komite, Pengawas dan guru  menyampaikan kesannya di depan yang kemudian ditutup dengan pengalungan surban oleh H. Sholihul Kirom, M.Pd selaku kasi Pendma Kemenag Kabupaten Lumajang kepada bapak Hasbi Latif, S.Pd., M.Pd selaku DF/Pengawas Diknas Parepare. Kesimpulan dari refleksi dan kesan dari peserta kunjungan adalah beliau-beliau menyampaikan “banyak sekali hal-hal baru yang kami temukan disini diantaranya adalah cara penataan dan pemajangan hasil karya siswa, adanya museum pendidikan dan komputer yang sangat bermanfaat sekali dalam proses kegiatan belajar mengajar yang baru
Foto bersama sebagian peserta di museum pendidikan
dan komputer Pester Al Fauzan
kami temukan dan harus kami tiru ketika pulang ke Sulawesi, salutnya dengan kelas Bilingual, adanya taman baca yang dengan sifat kealamian-nya mampu menginspirasi pengunjung yang membaca buku disana, tingginya tingkat kesadaran para santri dalam menjaga kebersihan dan keamanan pesantren”. Itulah beberapa kutipan kesan dari beberapa peserta studi visit pada acara penutupan.
Pengalungan surban oleh Bapak Kasi Pendma Kemenag




          Itulah rangkaian acara studi visit kohort 2 Sulawesi Selatan dari Kabupaten  Takalar, Parepare, Bone dan Tana Toraja.

Semoga berkah.