Senin, 27 April 2015

Apa program baru di MTs & MA Pester Al Fauzan Lumajang ??

Tampak siswa membaca buku dengan khidmat
      Betapa pentingnya membaca, betapa pentingnya buku dan pentingnya membaca adalah pesan yang sangat ditekankan dalam islam, bahkan Al-Quran yang agungpun, perintah membaca ada dalam wahyu pertama, اقرأ بسم ربّك الّذي خلق  dan walaupun ditujukan lewat Nabi yang tidak pandai membaca ketika itu, ini menunjukkan pentingnya membaca. Untuk itu, Program baru yang ada di MTs & MA Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang adalah budaya baca yang dilakukan setiap hari sebelum jam pertama dimulai selama 10 menit.

Siswa meresensi hasil bacaan setiap hari kamis
        Tidak hanya sampai disitu, untuk mengukur kepahaman siswa dengan buku yang dibaca selama satu minggu, setiap hari kamis, semua siswa wajib membuat resensi dari 1 buku yang dibaca selama 1 minggu. Pada minggu kedua dan seterusnya, setiap siswa berganti buku yang sudah tersedia di kelas masing-masing sejumlah banyaknya siswa per kelas. Coba kita kalkulasi, 1 minggu 1 siswa menyelesaikan 1 buku, dalam 1 bulan sudah 4 buku, dalam 1 tahun sudah 48 buku, anak mondok minimal 3 tahun, apalagi selama 6 tahun??? sudah berapa buku yang sudah terbaca plus resensinya, hanya dengan meluangkan waktu 10 menit sebelum memulai pelajaran ????. Diluar waktu itu, setelah pulang sekolah, siswa masih aktif membaca dan mengkaji kitab-kitab karya ulama-ulama salaf. Selain memperoleh ilmu agama, juga tidak kalah dengan ilmu umumnya, sebagaimana Hadits Nabi saw "barang siapa yang ingin bahagia di dunia , maka harus dengan ilmu, barang siapa yang ingin bahagia di akhirat maka harus dengan ilmu dan barang siapa yang ingin bahagia di dunia dan akhirat maka harus berilmu".
Tampak siswa membaca dalam kelas
        Untuk memotivasi siswa, setiap tahunnya akan dipilih siswa yang paling aktif membaca dan akan memperoleh penghargaan dari Kepala Madrasah. Pepatah arab mengatakan اَلْقِرَاءَةُ مِفْتَاحُ النَّجَاحِ 
 yang artinya adalah "Membaca adalah kunci kesuksesan".
Sukses terus Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan....... Good Luck .