Sabtu, 28 Maret 2015

Torehan Prestasi MTs Pester Al Fauzan dalam KSM 2015


“Alhamdulillah, Selamat dan terima kasih”. Ya, itulah kalimat pertama yang ucapkan oleh Ny. Nur Ifadah, SH.,MA. selaku direktur MTs Pester Al Fauzan kepada 16 peserta kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MTs Pester Al Fauzan yang dihelat pada hari Sabtu, 28 Maret 2015 di MTs Negeri Lumajang. Pasalnya, para peserta telah berusaha maksimal dalam ajang tersebut dan mampu membawa nama baik lembaga melalui prestasi yang telah ditorehkan. Pada ajang tersebut, kompetisi dilaksanakan dengan 2 babak, yakni babak penyisihan & babak final yang mana naskah soal & korektor soal bekerja sama dengan Pasca Sarjana Universitas Jember (UNEJ) & Institut Agama Islam Negeri Jember (IAIN Jember).

Dari 16 peserta MTs Pester Al Fauzan yang terbagi dalam 8 Mapel adalah sebagai berikut:


  1. Ahmad Ishamul Ayadi (VIII A) & Helind Ursula (VIII A) mapel Matematika
  2. Ahmad Multazam Abdan (VII A) & Ninit Ilzami Wahdah (VIII A) mapel Fisika
  3. Miftahul Ilmiah (VIII B) & Nailus Salma (VIII B) mapel Biologi
  4. Salsabila Diatus Safa'ah (VII A) & Mahmudah Rohmatul Ilmi (VIII A) mapel Bahasa Inggris
  5. Eka Hunaini Wahyu L (VII A) & Syarifatul Lailia Putri (VIII A) mapel Bahasa Indonesia
  6. Shinta Nuriyah (VIII A) & Dhea Ivo Nur Afia (VIII B) mapel IPS
  7. Nabilah 'Ainun Nafi' (VII A) & Devi Iftitahul Muna (VIII A) mapel PAI
  8. Yauma Dwi Utomo (VIII A) & Hanifatul Munawaroh (VIII A) mapel Bahasa Arab
Dari 16 peserta tersebut, Alhamdulillah 5 peserta berhasil melaju ke babak final yang diambil 10 peserta terbaik dari 100-an peserta yang diikuti oleh MTs seluruh kabupaten Lumajang yakni Ahmad Ishamul Ayadi (10), Helind Ursula (8), Nabilah Ainun Nafi' (8), Salsabila Diatus Safa'ah (4) & Ahmad Multazam Abdan (1). Selain kelima peserta tersebut, peserta lain yang tidak lolos juga masih mampu bersaing, setidaknya hanya terpaut poin 1 - 10 untuk bisa masuk babak final artinya masih menempati peringkat atas.
Babak final yang laksanakan pada hari itu juga, para peserta harus mengerjakan soal uraian dalam waktu 60 menit. Alhasil, dari babak final yang sudah berlangsung, para finalis dari MTs Pester Al Fauzan mampu membawa 2 piala, yakni pada cabang PAI (Nabilah 'Ainun Nafi') juara 2 & cabang Fisika (Ahmad Multazam Abdan) juara 3. Selain itu, cabang Matematika harus puas dengan posisi Harapan 2 yang sebelumnya menduduki peringkat 10. Patut kita syukuri jerih payah dari mereka, Alhamdulillah. yang harus kita pahami adalah, "Al-Insanu Bittafkir, wallahu bi-taqdir" yang artinya adalah "Manusia hanya bisa berfikir, berusaha, berdo'a dan Allah-lah yang menentukan".
Tidak hanya sampai disitu, ananda Nabilah ‘Ainun Nafi’ juara 2 PAI, masih harus mewakili kabupaten Lumajang ke Surabaya dalam KSM Propinsi Jawa Timur bulan Juni mendatang, mohon do’anya.
Dari kompetisi tersebut, ternyata para santri MTs tidak mau kalah dengan prestasi dari kakak-kakaknya di MA yang sebelumnya juga berjaya pada ajang yang sama, baik pada mapel MIPA maupun agama yang juga pernah mewakili kabupaten Lumajang pada KSM Propinsi di Surabaya tahun kemarin, bahkan berhasil memecahkan rekor kabupaten Lumajang yang semenjak diadakan KSM belum pernah menempati peringkat 12 Propinsi yang diraih oleh siswa MA Pester Al Fauzan yakni Lazuardi Maulana Fathoni pada cabang Matematika. Alhamdulillah.
Selain itu, santri Pester Al Fauzan masih mampu bersaing, baik dalam prestasi Akademik (mapel umum, agama, baca kitab, Tilawah Quran, dll) maupun prestasi-prestasi non Akademik (kesenian, olah raga, pramuka, dll) yang sebelumnya juga berhasil diraihnya baik tingkat Kabupaten, Propinsi bahkan sampai menjurai tingkat Nasional.
Sukses terus Pesantren Terpadu Al Fauzan. Amin.....