Sabtu, 02 Juni 2012

MTs Pester Al Fauzan



Paradigma pendidikan baru yang berasaskan Islam harus berlangsung secara berkesinambungan pada jenjang pendidikan yang ada mulai Play Group hingga Perguruan Tinggisementara orientasi pengeluaran (Out Put) dari pendidikan ini tercermin dari kesinambungan pada ketiga unsurnya yaitu; Pembentukan Kepribadian Islam, Penguatan Tsaqofah Islam dan Ilmu Umum Keterampilan. Pada kenyataannya ketiga unsur tersebut masih terpisah, walaupun tidak terpisah tetapi porsi yang diberikan kepada unsur Tsaqofah dan Kepribadian Islam sangat kecil.
          Guna meraih masa depan bermakna, diperlukan pendidikan yang mengintegrasikan aspek pembentukan kepribadian Islam, penguasaan tsaqofah islam, sains dan teknologi; mengintegrasikan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik; mengintegrasikan pendidikan disekolah, pesantren dan masjid serta mengintegrasikan peran sekolah, keluarga dan masyarakat dalam suasana budaya pendidikan yang Islami.
PondokPesantren Al Fauzan Lumajang bekerjasama dengan Australia Indonesia Partnership For Reconstruction And Development (AIPRD) dalam Program Kerjasama Australia Indonesia Untuk Pendidikan Dasar (AIPRD BEP) Mendirikan Madrasah Tsanawiyah Pesantren Satu Atap (MTs – PSA) yang difasilitasi oleh Departemen Agama RI, dikenal dengannama Madrasah Tsanawiyah Pesantren Terpadu Al Fauzan disingkat MTs Pester Al Fauzan, yang berlandaskan Islam secara terpadu dalam budaya sekolah religius didukung oleh peran serta orang tua dan masyarakat guna membentuk anak muslim yang shaleh dan cendikia serta siap melanjutkan ke jenjang pendidikan terbaik berikutnya, sebagai solusi masalah pendidikan diIndonesia.Tepat pada tanggal 1 Agustus 2007 MTs Pester Al Fauzan Lumajang diresmikan oleh Duta Besar Australia Bill Farmer dan Sekjen Depag RI Bahrul Hayat, P.Hd. Dan  pada tahun 2011 diakreditasi pertama kali dengan hasil mendapat predikat “B”. 
Program kegiatan di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang Jawa Timur ini disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa yang menginjak usia akil baliqh.  Dengan bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar menggunakan bahasanasional Indonesia bagi kelas regular, sedangkankelas billingual selain menggunakan bahasa nasional juga bahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab). Untuk Bahasa Komunikasi sehari-hari menggunakan Bahasa nasional Indonesia dan bahasaAsing (Bahasa Inggris atau Bahasa Arab)
Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang Jawa Timur menggunakan Kurikulum Sendiri yang merupakan kolaborasi kurikulum DEPDIKNAS, KEMENAG dan PESANTREN, meliputi :
·      Materi Tsaqofah Islam (kurikulum DEPAG dan Pesantren): Syakhsiyah Islamiah, Pemikiran Islam dan Syari’ah, Akhlaq Islam, Fiqh Fardiyah dan Ushul Fiqih, Bahasa Arab, Nakhwu dan Shorof (Amtsilati), Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Sirah Nabawiyah, Tahfidzul Qur’an, Ilmu Terapan (Agrobisnis)
·      Materi Ilmu Kehidupan (kurikulum DEPDIKNAS): Matematika, IPA (Fisika, Biologi), IPS (Ekonomi, Geografi dan Sejarah), Bahasa (Inggris, Indonesia, Arab), Pendidikan Jasmani, Kerajinan dan kesenian, Ilmu Terapan (TIK).
Selain materi wajib, MTs Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang juga memberikan materi ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, meliputi: Pramuka, Karate, Jurnalistik, club mata pelajaran (MIPA, IPS), English Conversation & TOEFL.
Pembelajaran di MTs Pester Al Fauzan menggunakan system Boarding School maka waktu belajar di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang Jawa Timur adalahsatu hari penuh mulai pagi-siang-sore-malam. Pendidikan Integral siswa dengan kurikulum formal dilakukan dilingkungan sekolah dan dibawah tanggung jawab guru. Sementara waktu diluar jam pendidikan formal (tambahan) bersama Kyai dan para Ustadz/ ustadzah.
MTs Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang diasuh oleh tenaga profesional dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi dibidang pendidikan Agama dan Umum.Pengajar tetap dengan kualifikasi S3, S2 dan S1dengan  latar belakang pendidikan sesuai dengan disiplin ilmu, mampu  berkomunikasi dan mengajar dengan  menggunakan bahasa asing (Inggris atau Arab).
Banyak prestasi yang diraih MTs PesantrenTerpadu Al Fauzan sejak berdirinya tahun 2007 sampai 2014, diantaranya:
·           Juara I Olimpiade 12 mapeldalam Porseni MTs-PSA/SA se-Indonesia tahun 2012
·           Juara I Matematika pada Olimpiade Mata Pelajaran MTs Se Kabupaten Lumajang tahun 2011
·           Juara II IPA Olimpiade Mata Pelajaran MTs Se Kabupaten Lumajang 2011.
·           Juara I cerdas Cermat Agama pada tahun 2010
·           Juara I Lomba Cipta Baca Puisi pada Porseni MTs Se Kabupaten Lumajang tahun 2010
·           Juara II Lomba Baca Kitab kuning tingkat kabupaten tahun 2010
·           Juara UmumI Perkemahan Gugus Depan Madrasah (PERGUSMAD) II MTs se kabupaten Lumajang tahun 2011
·           JuaraUmum II Perkemahan Gugus Depan Madrasah (PERGUSMAD) III MTs se kabupaten Lumajang tahun 2013
·           6 anak menjadi anggota kontingen Lumajang dalam Jambore Nasional tahun 2011
·           Juara III Lomba pidato B. Indonesia tingkat Nasional pada Porseni MTs-PSA/SA se-Indonesia tahun 2011
·           Juara I Lomba Paduan Suara tingkat Nasional pada Porseni MTs-PSA/SA se-Indonesia tahun 2012
·           Juara Umum Karate
·           Juara II Karate tingkat propinsi
·           Lulus UN 100% Sejak lulusan perdana tahun 2010 sampai sekarang, dengan nilai sempurna (10) pada mata pelajaran Matematika pada tahun 2012 dan 2013.
·           Juara harapan II Lomba Kepala Madrasah (MTs) berprestasi tingkat propinsi JawaTimur tahun 2013.