Jumat, 01 Juni 2012

Profil Pesantren Terpadu Al Fauzan

Tampak Halaman depan
Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan
      Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan (Pester Al Fauzan) Labruk Lor Lumajang merupakan pengembangan kelembagaan pondok pesantren salaf yang diasuh oleh KH. Mansur bin KH. Umar bin KH. Fauzan bin Ki Ageng Selo / Syekh Abdur Rahman Grobogan yakni pondok pesantren Al Fauzan Labruk Lor Lumajang Jatim yang berdiripadatahun 1917 M.
Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan (Pester Al Fauzan) berdiri pada tahun 2007 M, didirikan,  dikembangkan dan diasuh oleh Kyai Imron Zamzami, S.H (menantu KH. Mansur) bersama istri Nyai Nur Ifadah, S.H. ,M.A. (putri bungsu KH. Mansur), dengan sistem pendidikan modern dan tetap berkultur pesantren dan tradisi muslim.
Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan (Pester Al Fauzan) memiliki 

  • Visi : sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi pemimpin diri, ummat dan alam; menjadi tempat beribadah, transmisi dan transformas iilmu-ilmu keislaman; menjadi sumber disiplin ilmu, dan tradisi keislaman. 
  • Misi : Membentuk generasi yang unggul dan berprestasi menuju terbentuknya ummat yang kaffah; mendidik dan mengembangkan generasi muslim-muslimah yang memiliki kedalaman spiritual, berkarakter islami, berdisiplin ilmu, berwawasan keilmuan, dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, Negara dan agama; Mengajarkan ilmu tsaqofah islamiah, ilmu kehidupan dan ilmu terapan menuju terbentuknya generasi pemimpin yang shiddiq; Memelihara tradisi muslim dan kehidupan yang berorientasi nilai.
Sampai saat ini Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan(Pester Al Fauzan) terus mengembangkan upaya pembinaan dan penataan dengan melakukan pembaharuan pada substansi pendidikan, pembaharuan metodologi, pengembangan sarana dan prasarana. Wujud dari pembenahan tersebut adalah pada Program PendidikanKepesantrenan dengan dibukanya Madrasah Diniyyah Ula Terpadu Al Fauzan (2010), Madrasah Diniyyah Wustho Terpadu Al Fauzan (2014), Program Tahassus Amtsilati / program cepat memahami nahwu shorof (2007), Tahassus Bahiyat / program cepat memahami qoidah fiqh (2008) ; Tahfidzul Qur’an (2011); dan pengajian tauhid untuk masyarakat setiap minggu pon / Pengajian Minggu Pon (2012). Pada Program Pendidikan Formal MTs Pesantren Terpadu Al Fauzan (2007 / Terakreditasi tahun 2011 dengan nilai B) dan MA Pesantren Terpadu Al Fauzan (2010 / Terakreditasi tahun 2013 dengan nilai A); sarana pendidikan dilengkapi dengan jaringan internet (wifi) yang bebas situs porno dengan system control yang profesional, dan hadirnya santri dari dalam dan luar propinsi Jawa Timur.
Kegiatan santri Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan (Pester Al Fauzan) setiap harinya dimulai pada jam 03.00 dini hari diawali dengan qiyamullail / sholat tahajud, dilanjutkan dengan sholat  5 waktu berjamaah yang diikuti sholat sunnah rowatib, pengajian kitab bersama pengasuh, sholat dhuha, sekolah, pengajian al qur’an dan kitab kuning sesuai program dan level,dan pengembangan diri ( Pramuka, beladiri karate, tatabusana, multimedia, jurnalistik, pertanian, bahasa, sains dan social).