Kamis, 24 Oktober 2013

Keutamaan & Manfaat Sedekah

       Sedekah adalah pemberian yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain. Dari definisi tersebut akan timbul pertanyaan, Apakah sedekah hanya berupa harta? Lantas bagaimana dengan orang yang tidak mampu untuk memberikan hartanya apabila ia ingin sedekah?
            Dalam hadits yang ke-25 dalam kitab Arba’in Nawawi yang berbunyi:


عن ابى ذرٍّ رضى الله عنه اَيْضًا أَنَّ أُنَاسًا مِنْ اَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالُوْا لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم يَارَسُوْلَ اللهِ ذَهَبَ اَهْلُ الدُّثُوْرِ بِالْاُجُوْرِ يُصَلُّوْنَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُوْمُوْنَ كَمَا نَصُوْمُ وَيَتَصَدَّقُوْنَ بِفُضُوْلِ اَمْوَالِهِمْ قَالَ اَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَاتَصَدَّقُوْنَ اِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةً وَاَمْرٍ بِااْمَعْرُوْفِ صَدَقَةً وَنَهْيٍ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةً وَفِى بُضْعِ اَحَدِكُمْ صَدَقَةً قَالُوْا يَارَسُوْلَ اللهِ اَيَأْتِى اَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُوْنُ لَهُ فِيْهَا اَجْرٌ قَالَ اَرَاَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ اَكَانَ عَلَيْهِ وِزْرٌ فَكَذَالِكَ اِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ اَجْرٌ   رواه مسلم           
Penjelasan dari hadits di atas bahwa ada beberapa sahabat nabi Muhammad saw bertanya kepada rasul “ wahai rasulullah, ada seorang ahli hartawan yang meninggalkan beberapa pahala, dimana sholat dan puasanya sebagaimana sholat dan puasa kami, ia sedekah dengan beberapa harta utamanya”. Jawab rasulullah, sesungguhnya Allah telah menjadikan sesuatu yang bisa kalian jadikan sebagai sedekah diantaranya adalah membaca tasbih, takbir, tahmid, tahlil, beramal baik, meninggalkan perbuatan munkar dan menempatkan syahwatmu dalam keadaan yang tepat maksudnya apabila kamu menempatkan pada hal yang haram akan mendapatkan dosa dan sebaliknya apabila kamu tempatkan pada hal yang halal akan mendapatkan pahala.
            Dari penjelasan hadits di atas, apa yang sekarang menjadikan pantangan bagi kita semua untuk tidak bersedekah? Apakah kita tidak mengetahui bahwa dengan kita bersedekah akan dibalas oleh Allah dengan berlipat-lipat ganda? Ataukah kita tidak percaya bahwa itu semua benar? Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 267 sudah dijelaskan tentang perintah Allah kepada kita semua agar senantiasa bersedekah, berikut adalah firmannya:
يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا أَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ اْلاَرْضِ وَلاَ تَيَمَّمُوْا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِأَخِذِيْهِ اِلاَّ أَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”.
            Keutamaan dan manfaat sedekah tidak bisa dipandang sederhana, karena sedekah adalah bentuk investasi kita kepada Allah yang tidak akan membuat kira merugi, jadi sangat tidak sesuai dengan hitungan ilmu matematika manusia. Dalam ilmu matematika 1-1=0, tapi dalam sedekah bisa jadi 1-1=10, ini bisa saja terjadi atas kehendak Allah. Allah telah menjanjikan kepada kita akan balasan kepada orang yang bersedekah untuk dilipatgandakan sampai 700 kali lipat, dan itu tidak akan mungkin diingkarinya dan Allah akan membalasnya ketika kita membutuhkannya, apabila tidak ada balasan berarti itu bukan kebutuhan kita tapi itu adalah nafsu kita. Pernyataan tersebut terdapat dalam firmannya dalam Al-Qur’an yakni sebagai berikut:
مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِى سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَّشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ 
Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al Baqoroh:261)
Berikut adalah beberapa keutamaan dan manfaat dari sedekah:
1.      Sedekah dapat mengundang datangnya rizqi, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al Baqoroh ayat 261 di atas;
2.      Sedekah dapat memanjangkan umur;
3.      Sedekah dapat menolak bala;
Apakah kita sekarang masih ragu akan keutamaan dan manfaat shodaqoh?